Practise Perfect Makes Perfect

Metode latihan kami yang "berbeda", menjadikan program latihan bernyanyi lebih mudah, singkat & menyenangkan dilakukan oleh siapa saja, dengan hasil yang memuaskan dalam waktu yang relatif cepat.

Kamis, 20 Oktober 2011

TIPS - Merubah Suara Yang Terlalu Nasal / Suara Hidung


Apakah suara anda terlalu NASAL (Suara Hidung) dan sulit untuk merubahnya ? Penyebabnya hal ini adalah lebih kepada POSISI SOFT PALATE / PALATAL  (Langit-langit Rongga Mulut yang Lunak).

Ketika posisi PALATAL turun, maka akan mengarahkan hembusan udara dari paru-paru tertuju ke rongga hidung, menyebabkan suara anda menjadi tidak menarik atau terlalu nasal.
Untuk menaikan posisi PALATAL  tersebut terlebih dahulu kita harus memahami letak dari PALATAL tersebut, lalu mencari tahu bagaimana cara merubahnya.


Letak PALATAL

Coba ucapkan bunyi “NG” secara perlahan dan panjang, berikan perhatian pada lidah bagian tengah belakang yang akan menyentuh bagian langit-langit mulut yang lunak, nah itulah yang dinamakan PALATAL  yang posisinya akan turun dan menyentuh lidah ketika kita membunyikan “NG” tersebut.


Cara Menaikan Posisi PALATAL

Coba bunyikan kata : “KAH” perlahan, maka akan dirasakan posisi PALATAL akan turun ketika bunyi “K” dan akan naik kembali ketika bunyi “AH”
Ulangi beberapa kali hal tersebut diatas sampai kita bisa merasakan naik turunnya posisi PALATAL tersebut.


Melatih Mengatur Posisi PALATAL

Sekarang coba bunyikan “ HAH” perlahan dan panjang, maka posisi PALATAL tidak akan turun, ketika kita membunyikan kata tersebut. Aliran udara dari paru-paru akan tertuju pada rongga mulut secara bebas dan tidak tertuju ke bagiang rongga hidung. Ulangi hal ini berulang kali sampai anda mampu melakukannya dengan mahir.

Semoga Tips Ini mudah dipahami dan dimengerti dengan sebaik baiknya sehingga dapat membantu kita mengatasi masalah suara kita yang terlalu nasal.
Selamat berlatih, Terus Bernyanyi dan  SUKSES.

7 komentar:

blogernewbie mengatakan...

Mantap gan...makasih infonya👋

Unknown mengatakan...

Gileee bang benerrr

zoggy seka mengatakan...

Saya kok punya kebiasaan membunyikan hidung keh keh gitu ya bang solusinya dong

Denting Alunan Muslim mengatakan...

Iya bener, tpi susah ngelatih ny atau memperbaiki nya gimana ya?, Jadi awal mao nyanyi harus Ngomong "KAH" Agar palatal naik baru nyanyi deh, tpi pas keseterus ny kehidung lgi 😯

Unknown mengatakan...

Suara saya keluar dri rongga hidung jadi klo ngomong saya kecil dan saya susah teriak itu gimana ka bisa kirim jawabannya di email aku ka knandanurul@gmail.com

Unknown mengatakan...

Maaf,sudah CoPas baru minta izin. Izin CoPas min, Thx

Unknown mengatakan...

Bener banget kak, .... tapi kalo bisa ada lanjutannya lagi kak, biar bisa berubah beneran apa harus operasi kalo kya gini kak

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates