Practise Perfect Makes Perfect

Metode latihan kami yang "berbeda", menjadikan program latihan bernyanyi lebih mudah, singkat & menyenangkan dilakukan oleh siapa saja, dengan hasil yang memuaskan dalam waktu yang relatif cepat.

Rabu, 27 Juli 2011

Tips Belajar Bernyanyi Bagi Pemula

Apakah Anda ingin menjadi seorang penyanyi? Banyak orang bermimpi  bisa bernyanyi, tetapi hanya sedikit mengambil langkah yang diperlukan untuk mewujudkannya.
Berikut adalah beberapa tips yang akan mengajarkan anda bagaimana untuk belajar bernyanyi, baik secara sendiri atau dengan bantuan:
Sebelum Anda mulai, dengarkanlah banyak lagu dari aliran musik yang berbeda. Ini akan membantu Anda memilih gaya yang paling sesuai dengan suara dan kepribadian Anda. Apakah Anda ingin menyanyi musik rock? Opera?  atau blues atau  lagu-lagu barat, pilihlah gaya yang paling sesuai dengan kepribadian anda.
Selanjutnya, mulailah berlatih untuk menemukan karakter dan jangkauan nada dari vokal Anda. Agar anda bisa bernyanyi dengan nyaman dan tidak dengan ketegangan, Anda harus menemukan nada tertinggi maupun terendah yang sanggup anda jangkau. Hal ini sangatlah penting bagi seorang penyanyi pemula bahkan bagi seorang penyanyi  profesional sekalipun. 

Bagaimana Belajar Bernyanyi - Belajar Secara Mandiri
Banyak vokalis mengajar diri sendiri untuk menyanyi. Belajar bernyanyi dengan cara mendengarkan penyanyi lain, tanpa pelatihan formal, disebut juga 'Bernyanyi melalui telinga'. Sementara beberapa vokalis yang dilatih secara klasik meremehkan  pendekatan cara ini.
Masalah utama pada belajar menyanyi melalui telinga adalah bahwa Anda akan sulit  mengembangkan kemampuan Anda juga akan sulit menghilangkan tehnik yang salah di kemudian hari.
Dikarenakan belajar menyanyi oleh seorang profesional sangat mahal, menyebabkan banyak penyanyi dari golongan kelas menengah ke bawah menggunakan program belajar-sendiri.

Metode Program Self-study biasanya berisi file video atau audio yang  dapat memandu Anda melakukan pemanasan dan latihan vokal secara sendiri. Metode ini  dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan pernapasan anda, mengontrol pernapasan Anda, meningkatkan jangkauan vokal Anda, serta kemampuan  bernyanyi anda.
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan cara ini maka  pelajarilah dahulu metode yg ditawarkan tersebut sebelum Anda membeli produknya. Beberapa produk lebih baik daripada yang lain, sehingga melakukan perbandingan produk bisa sangat membantu memilih yang terbaik.
 Anda dapat menemukan banyak Metode Program Self-study yang ditawarkan secara online.

Bagaimana Belajar Bernyanyi - Bantuan Profesional
Jika Anda lebih memilih untuk melakukan pembelajaran Anda secara tatap muka, maka mendaftarlah pada kursus vokal /  sekolah yang ada di sekitar tempat tinggal Anda atau pada seorang pelatih vokal yang banyak dianjurkan oleh teman Anda. 
Jika biaya kursus vokal tidak terjangkau oleh kantong Anda, cobalah bergabung dengan paduan suara di sekolah, gereja, atau pusat komunitas atau kursus vokal yang menawarkan program kursus gratis ( sepertinya hanya kursus di tempat saya saja yang gratis).
Ini akan memberikan Anda akses ke instruktur dan penyanyi lain sehingga Anda dapat berbagi mendapatkan tips dan tehnik vokal secara FREE.

Bagaimana Belajar Bernyanyi - Teknik Lanjutan
Setelah Anda menghabiskan beberapa waktu berlatih secara kelompok, Anda mungkin kemudian memutuskan ingin melakukan lebih dari itu. Anda ingin bernyanyi secara solo, hal ini sedikit lebih menakutkan daripada bernyanyi secara kelompok, tetapi lambat laun Anda akan terbiasa dengan hal ini bahkan Anda akan semakin menikmatinya.
Anda dapat menggunakan program belajar-sendiri atau melalui kurusus vokal untuk belajar teknik canggih seperti menyempurnakan suara kepala Anda, mencapai  ke dalaman jangkauan falsetto Anda, dan mengembangkan vibrato. Anda akan juga belajar untuk membaca not musik dan transpos lagu favorit Anda ke kunci yang berbeda sehingga Anda bisa menyanyi dengan mudah.

Nah, sekarang Anda bisa memulai mewujudkan mimpi Anda menjadi seorang penyanyi dengan cara yang tidak menguras kantong Anda.

Selamat belajar, bernyanyilah terus, semoga sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates