Practise Perfect Makes Perfect

Metode latihan kami yang "berbeda", menjadikan program latihan bernyanyi lebih mudah, singkat & menyenangkan dilakukan oleh siapa saja, dengan hasil yang memuaskan dalam waktu yang relatif cepat.

Minggu, 01 Mei 2011

Ketika Batuk Mengganggu Aktifitas Bernyanyi Anda

Hal ini sangat mungkin terjadi pada setiap penyanyi pada waktu yang tidak diinginkan, bisa disebabkan oleh banyak hal: musim, pola hidup maupun stress, tetapi paling sering disebabkan oleh menurunnya daya tahan tubuh kita. Nah jika hal ini terjadi pada anda menjelang hari pertunjukan anda, apa yang harus anda lakukan demi menyelamatkan suara anda untuk hari pertunjukan tersebut ? Di bawah ini beberapa tip yang disarankan untuk dilakukan:

Jangan Dibersihkan – Jangan Di Batukkan
Gejala yang umum dari demam, batuk dan pilek adalah terjadinya iritasi pada tenggorokan anda. Tenggorokan Anda akan terasa gatal, selaput suara kaku dan di sekitar laring terjadi pembengkakan. Jika terjadi hal seperti  ini maka untuk menguranginya sebaiknya ambil napas dalam-dalam lalu dihembuskan, lakukan beberapa guna melepaskan ketegangan dan rasa gatal di tenggorokan. Jangan sekali-kali dibersihkan menggunakan obat-obatan dikarenakan obat-obatan tersebut menjadikan tenggorokan anda semakin kering. Dan jangan pula di batukkan yang akan membuat tenggorokan anda semakin iritasi serta terasa gatal.

Berkumurlah Dengan Air Garam Hangat
Akan membantu mengurangi iritasi sedangkan menghirup uap akan membantu untuk melonggarkan kemampetan dan menenangkan lipatan vokal. Teh dengan madu dapat membantu untuk menenangkan otot-otot yang sakit.
Banyaklah Istirahat  - Tidur
Istirahat dan Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi pemulihan kondisi tubuh anda dan jangan lakukan latihan apapun
Untuk membantu meminimalkan batuk ketika Anda tidur, gunakan beberapa bantal untuk membantu mengangkat kepala Anda sehingga cairan mengalir lebih mudah melewati tenggorokan anda, dengan demikian pernapasan pun akan lebih lancar
Pada hari pertunjukan lakukanlah pemanasan dan peregangan seperlunya.

Ketika Saat Pertunjukan
Jika hal ini terjadi maka hal yang terbaik adalah jangan menggunakan obat-obatan medis, sebab sifat obat-obatan tersebut bersifat mengeringkan krongkonganSebaiknya konsumsilah air putih sedikit  lebih banyak dari sebelumnya dan banyaklah beristirahat. Biarkan system kekebalan tubuh anda yang melakukan pekerjaannya membasmi penyebab penyekit ini.

STOP Minuman Dingin
Meskipun menggoda untuk memanjakan tenggorokan dengan air es dingin ataupun  jus, hal ini  akan menyebabkan suara Anda menjadi kurang elastis dan membuat jangkauan suara anda terhambat, karena minuman dingin akan membatasi lipatan pita suara  anda.
Lakukan Pemanasan Ringan
Untuk 
menghilangkan kekakuan dan ketegangan dan untuk membantu mengurangi pembengkakan, penting untuk melakukan pemanasan suara secara ringan dan perlahan. Jangan mendorong atau memaksa volume atau jangkauan suara. Mulailah dengan bersenandung dan Lips Trill / Bubling sederhana. Jika Anda terburu-buru pemanasan maka  dapat menghambat proses pemulihan suara anda.

Pastikan Pendengaran Bekerja Dengan Baik
Ketika Anda 
terkena demam, flu, atau alergi maka pendengaran Anda mungkin juga akan terganggu karena tersumbatnya sinus dan telinga. Jadi, pastikan Anda masih dapat mendengarkan suara Anda dengan jelas melalui monitor bahwa suara anda “In Tune”.

Istirahat
kan suara Anda. 
Bicaralah seperlunyagunakan catatan atau bahasa tubuh  jika ingin mengutarakan sesuatu, seperti mengangguk atau menggelengkan kepala  Anda tanda setuju atau tidak dsb. Cobalah untuk menemukan cara-cara alternatif untuk berkomunikasi.
Aturlah Pola Makan
Jangan makan empat jam sebelum tidur. Jika Anda melakukannya
 akan  mendorong kemungkinan produksi asam lambung yang berlebihanAsam lambung tersebut akan dipaksa ke dalam tenggorokan anda saat anda sedang tidur, hal ini dapat menyebabkan terbakarnya tenggorokan andaJika masalah asam lambung ini  dibiarkan, akan dapat menyebabkan kerusakan serius pada tenggorokan anda.
STOP Makanan Pedas
Selama pilek atau flu, banyak orang 
justru memakan makanan pedas dan panas guna menghilangkan dahak. Ingat bahwa makanan pedas dan panas  justru seringkali  dapat membakar tenggorokan dan merusak  vokal andaSebaiknya hindarilah makanan pedas ini beberapa hari sebelum hari pertunjukan anda.

Semoga penampilan anda sukses - Tingkatkan Terus Tehnik Vocal Anda

3 komentar:

Salsa Luthfiy mengatakan...

Oh begitu yaa.. Masih bulan mei sih tampilnya, tapi temen udah pada latihan, karena kawatir aku jadi maksa latihan sendiri walau lagi flu dan batuk .. Jadi menyesal 😞

Rendy@Toding mengatakan...

Terimah kasih atas solisinya..

Ceritanya imuth_luthu mengatakan...

hari ini kena bapil , dan besok ada ngisi acara OMG hiks

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates