Practise Perfect Makes Perfect

Metode latihan kami yang "berbeda", menjadikan program latihan bernyanyi lebih mudah, singkat & menyenangkan dilakukan oleh siapa saja, dengan hasil yang memuaskan dalam waktu yang relatif cepat.

Senin, 30 Mei 2011

Latihan Menghasilkan Nafas Yang Panjang & Suara Yang Bertenaga

Walaupun penjelasan secara teori mengenai “bagaimana tehnik pernafasan yang benar” maupun “bagaimana memproduksi suara yang bertenaga” sudah dijelaskan sebelumnya, tetapi masih banyak pertanyaan yang muncul tentang bagaimana cara berlatihnya. Hal ini bisa dipahami, dikarenakan latihan vokal tidak cukup hanya melalui teori, tetapi juga perlu dilakukan tatap muka atau bisa juga dilakukan melalui visualisasi video.
Saya mencoba menjelaskan bagaimana latihan Dasarnya dengan lebih rinci agar bisa lebih bisa dipahami dan dipraktekan sendiri.

Latihan Pernafasan Diafragma
  1. Ambilah waktu 15 menit – 20 menit setiap harinya, usahakan waktu dimana Anda bisa berlatih dengan fokus dan berkonsentrasi. Saya sarankan waktu menjelang tidur (malam) atau waktu bangun tidur (pagi).
  2.  Tidurlah menghadap keatas pada permukaan yang datar dilantai atau di atas karpet tanpa alas kepala.       Posisi lurus dan rileks, kedua telapak tangan usahakan berada di atas perut, mata dipejamkan agar bisa berkonsentrasi dengan baik.
  3. Cobalah bernafas (menarik udara dan mengeluarkan udara ) dengan mengembangkan perut Anda dan bukan dada Anda. Ketika menghirup udara perut akan mengembang keatas, dan ketika mengeluarkan udara perut akan turun kembali. Dada mengembang mengikuti naik turunnya perut. Telapak tangan Anda yang ada diatas perut adalah untuk memastikan gerakan ini benar.
  4. Mulailah menarik nafas malalui hidung, sampai dirasakan penuh, tahan nafas sampai hitungan kelima, lalu mulailah hembuskan nafas Anda perlahan dan konstan melalui mulut dengan mengeluarkan bunyi  “ SSSSSSSS....” sampai hitungan ke 10.
  5. Lakukan hal ini berulang kali dengan semakin memperpanjang / menambah hitungan pada saat penghembusan nafas Anda. Paling Tidak nantinya Anda bisa menghemat hembusan nafas Anda hingga mencapai hitungan ke 40 s/d 60.
7.      Diharapkan bernafas dengan konsep diafragma menjadi cara bernafas yang selalu Anda gunakan nantinya.


Latihan Dasar Suara yang Bertenaga

Posisi latihan ini sama dengan ketika Anda melatih pernafasan Anda seperti yang dijelaskan di atas.
  1. Ambil posisi sama seperti ketika Anda berlatih pernafasan. Bedanya adalah, ketika Anda menghembuskan nafas, bukan dengan mengeluarkan bunyi “ ssssss...” melainkan “aaa..” atau “ooo..” atau “iii..” atau “uuu..” atau “eee..”. Lakukan hal ini hingga mencapai hitungan yang ke 30.
  2. Keluarkan bunyi suara tersebut dengan volume suara Anda yang paling kecil / lirih dan konstan. Lakukan hal ini berulang kali.
  3. Lakukan kembali hal di atas, tetapi pada hitungan ke 15 volume suara diperbesar menjadi “volume menengah”  Anda, tanpa ada usaha atau dorongan berlebih dari Anda, melainkan pernafasan diafragma sama seperti sebelumnya ketika volume suara lirih serta dilakukan dengan rileks. Carilah “volume menengah” Anda dengan mencoba menemukannya melalui pengaturan bentuk di tenggorokan maupun rongga mulut Anda. Lakukan hal ini berulang kali hingga Anda menemukannya dan mahir melakukannya.
  4. Berikutnya “Lirih” dari hitungan 1 s/d 10, lalu “volume menengah” pada hitungan 11 s/s 20 dan “keras” pada hitungan ke 21 s/d 30. Semua dilakukan dengan kondisi yang tetap sama tidak ada perbedaan pada masing-masing tingkat volume suara Anda. Lakukan berulang kali hingga Anda bisa menemukan masing-masing tingkat volume suara Anda dengan lebih mahir, baik dari volume “lirih” hingga “keras” maupun sebaliknya.
  5. Terapkan keahlian ini ketika Anda menyanyikan lagu, tentukan pada lagu tersebut, dimana “lirih”, dimana “sedang” dan dimana “keras”.

Nah demikianlah penjelasan dari saya mengenai latiha dasar bernyanyi dengan nafas yang lebih panjang dan suara yang lebih bertenaga. Saya berharap apa yang dijelaskan bisa membantu Anda semua mengembangkan kemampuan Anda dalam bernyanyi.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Mas Yurist - Excellent Voice

5 komentar:

Alivio Maulidya Romifa mengatakan...

terima kasih! artikel ini sangat bermanfaat bgi saya :D

arip nurjaman mengatakan...

harus coba !!!
Biar kaya kakak gue agnes monica :o *digetokagnezmo :"

muhammad syarif hidayatullah mengatakan...

Nice post... :) :-) :D :-D

Baim Guanteng mengatakan...

syukron katsiron ya akhi atas penjelasan'a...

Samiun Baudi mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates