Practise Perfect Makes Perfect

Metode latihan kami yang "berbeda", menjadikan program latihan bernyanyi lebih mudah, singkat & menyenangkan dilakukan oleh siapa saja, dengan hasil yang memuaskan dalam waktu yang relatif cepat.

Senin, 30 Mei 2011

Latihan Menghasilkan Nafas Yang Panjang & Suara Yang Bertenaga

Walaupun penjelasan secara teori mengenai “bagaimana tehnik pernafasan yang benar” maupun “bagaimana memproduksi suara yang bertenaga” sudah dijelaskan sebelumnya, tetapi masih banyak pertanyaan yang muncul tentang bagaimana cara berlatihnya. Hal ini bisa dipahami, dikarenakan latihan vokal tidak cukup hanya melalui teori, tetapi juga perlu dilakukan tatap muka atau bisa juga dilakukan melalui visualisasi video.
Saya mencoba menjelaskan bagaimana latihan Dasarnya dengan lebih rinci agar bisa lebih bisa dipahami dan dipraktekan sendiri.

Latihan Pernafasan Diafragma
  1. Ambilah waktu 15 menit – 20 menit setiap harinya, usahakan waktu dimana Anda bisa berlatih dengan fokus dan berkonsentrasi. Saya sarankan waktu menjelang tidur (malam) atau waktu bangun tidur (pagi).
  2.  Tidurlah menghadap keatas pada permukaan yang datar dilantai atau di atas karpet tanpa alas kepala.       Posisi lurus dan rileks, kedua telapak tangan usahakan berada di atas perut, mata dipejamkan agar bisa berkonsentrasi dengan baik.
  3. Cobalah bernafas (menarik udara dan mengeluarkan udara ) dengan mengembangkan perut Anda dan bukan dada Anda. Ketika menghirup udara perut akan mengembang keatas, dan ketika mengeluarkan udara perut akan turun kembali. Dada mengembang mengikuti naik turunnya perut. Telapak tangan Anda yang ada diatas perut adalah untuk memastikan gerakan ini benar.
  4. Mulailah menarik nafas malalui hidung, sampai dirasakan penuh, tahan nafas sampai hitungan kelima, lalu mulailah hembuskan nafas Anda perlahan dan konstan melalui mulut dengan mengeluarkan bunyi  “ SSSSSSSS....” sampai hitungan ke 10.
  5. Lakukan hal ini berulang kali dengan semakin memperpanjang / menambah hitungan pada saat penghembusan nafas Anda. Paling Tidak nantinya Anda bisa menghemat hembusan nafas Anda hingga mencapai hitungan ke 40 s/d 60.
7.      Diharapkan bernafas dengan konsep diafragma menjadi cara bernafas yang selalu Anda gunakan nantinya.


Latihan Dasar Suara yang Bertenaga

Posisi latihan ini sama dengan ketika Anda melatih pernafasan Anda seperti yang dijelaskan di atas.
  1. Ambil posisi sama seperti ketika Anda berlatih pernafasan. Bedanya adalah, ketika Anda menghembuskan nafas, bukan dengan mengeluarkan bunyi “ ssssss...” melainkan “aaa..” atau “ooo..” atau “iii..” atau “uuu..” atau “eee..”. Lakukan hal ini hingga mencapai hitungan yang ke 30.
  2. Keluarkan bunyi suara tersebut dengan volume suara Anda yang paling kecil / lirih dan konstan. Lakukan hal ini berulang kali.
  3. Lakukan kembali hal di atas, tetapi pada hitungan ke 15 volume suara diperbesar menjadi “volume menengah”  Anda, tanpa ada usaha atau dorongan berlebih dari Anda, melainkan pernafasan diafragma sama seperti sebelumnya ketika volume suara lirih serta dilakukan dengan rileks. Carilah “volume menengah” Anda dengan mencoba menemukannya melalui pengaturan bentuk di tenggorokan maupun rongga mulut Anda. Lakukan hal ini berulang kali hingga Anda menemukannya dan mahir melakukannya.
  4. Berikutnya “Lirih” dari hitungan 1 s/d 10, lalu “volume menengah” pada hitungan 11 s/s 20 dan “keras” pada hitungan ke 21 s/d 30. Semua dilakukan dengan kondisi yang tetap sama tidak ada perbedaan pada masing-masing tingkat volume suara Anda. Lakukan berulang kali hingga Anda bisa menemukan masing-masing tingkat volume suara Anda dengan lebih mahir, baik dari volume “lirih” hingga “keras” maupun sebaliknya.
  5. Terapkan keahlian ini ketika Anda menyanyikan lagu, tentukan pada lagu tersebut, dimana “lirih”, dimana “sedang” dan dimana “keras”.

Nah demikianlah penjelasan dari saya mengenai latiha dasar bernyanyi dengan nafas yang lebih panjang dan suara yang lebih bertenaga. Saya berharap apa yang dijelaskan bisa membantu Anda semua mengembangkan kemampuan Anda dalam bernyanyi.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Mas Yurist - Excellent Voice

26 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih! artikel ini sangat bermanfaat bgi saya :D

Unknown mengatakan...

harus coba !!!
Biar kaya kakak gue agnes monica :o *digetokagnezmo :"

Sang Waktu mengatakan...

Nice post... :) :-) :D :-D

Unknown mengatakan...

syukron katsiron ya akhi atas penjelasan'a...

Unknown mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya

Soleh Ramdan mengatakan...

trim's ilmunya, mudah2an barokah

Soleh Ramdan mengatakan...

trim's ilmunya, mudah2an barokah

irfan mengatakan...

Bgusnya blog ni kini aq dh bleh nfs pnjg

Unknown mengatakan...

Sangat mmbntu thanks..

kencur mengatakan...

Terima kasih sudah berbagi

Unknown mengatakan...

Okee..aku coba

fajar rikarsa mengatakan...

Sangat membantu. . Terima kasih. . http//:fajarrikarsa.mywapblog.com

mawa mengatakan...

syukron sngat mmbntu skali

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat. Pengetahuan dan praktik.y bertambah sebelum pentas. Makasih

RAHMAT SAGA mengatakan...

Makasi pnjelasan ya mogah ber manfaat
Sypa bsadptka suarah tinggkat tinggi

Unknown mengatakan...

Terima kasih ya... Sudah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu yang bermanfaat. Saya suka dengan artikel ini karena membantu. Semoga bisa dikembangkan lagi supaya tambah mantap nih blog nya. Semoga bisa!



Mampir ke blog ku ya : bhimophoww.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Thank you very much,, it very useful for me hehe

ilmu asmaul haq mengatakan...

terima kasih atas info nya mas

CAKRA BADAR ANSORULLOH mengatakan...

masya allah :)

R299 mengatakan...

Saya tidurnya tengkurep, apa itu penyebab nafas menjadi pendek

Adrian Permana mengatakan...

Boss gw ga tau jenis suara gw bass atau tenor... kadang falset gw ga enak di denger...

Fikriramandanu mengatakan...

Makasih kak,jadi bisa kayak billie joe armstrong nich.😂😀😁

Unknown mengatakan...

Ngereppp...

Unknown mengatakan...

Nice

Unknown mengatakan...

Makasih yah ilmunya

kanz mengatakan...

MANTAP SANGAT, SAYA SANGAT SUKA DENGAN HAL ITU

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates