Practise Perfect Makes Perfect

Metode latihan kami yang "berbeda", menjadikan program latihan bernyanyi lebih mudah, singkat & menyenangkan dilakukan oleh siapa saja, dengan hasil yang memuaskan dalam waktu yang relatif cepat.

Minggu, 01 Mei 2011

Mengatasi Keterbatasan Vocal

Beberapa masalah keterbatasan vocal yang sering menghinggapi para penyanyi aktive seperti:  frustasi dengan terbatasnya jangkauan vocal , sulit untuk bernyanyi dengan bebas dan nyaman ataupun cepat terasa letihnya suara ketika bernyanyi.
Masalah - masalah keterbatasan  vocal tersebut  merupakan masalah yang paling sering dihadapi oleh para penyanyi aktif seperti anda yang ternyata lebih disebabkan  kurangnya pemahaman tehnik vocalnya daripada  kurangnya bakat bernyanyi anda.
Jadi jangan putus asa dahulu dengan masalah ini dan tidak mau menyanyi lagi, anda cukup mempelajari  2 hal saja yaitu dengan memahami anatomi suara anda dan cara menguasai serta melatihnya maka  permasalahan keterbatasan vocal anda akan teratasi.

Anatomi Jenis Suara / Vocal Cords

SUARA DADA / Chest Voice - Ini adalah jenis suara anda yang terberat dan terbawah, suara yang digetarkan di bagian dada anda, maka disebut juga suara dada. Ketika anda berbicara seperti biasa merupakan jenis suara dada. Anda bisa merasakannya dengan cara: Taruhlah telapak tangan anda di dada, lalu katakan "aahhhh", maka akan dirasakan getaran di dada anda.

SUARA WAJAH / Mix Voice - Merupakan jangkauan menengah suara anda, suara anda akan bergetar / beresonansi disekitar daerah hidung, sekitar mata dan sekitar pipi menuju kuping, dianjurkan anda sering menggunakan jenis suara ini. Ambilah nada yang merupakan jangkauan suara menengah anda lalu katakan " aahh", maka akan terasa getaran disekitar wajah anda.

SUARA KEPALA / Head Voice - Merupakan jangkauan suara tertinggi anda, suara anda akan bergetar atau beresonansi di sekitar batok kepala bagian  belakang kepala anda. Rabalah bagian belakang kepala anda sedikit diatas tengkuk anda dan katakan " Hooo", dengan menggunakan jangkauan suara anda yang tertinggi, maka dibagian tersebut akan terasa getarannya.

Nah setelah anda memahami dan diharapkan juga benar-benar bisa merasakannya, maka hal ini sudah setengah jalan untuk anda bisa mengatasi masalah keterbatasan vocal anda, yang setengahnya adalah cara atau latihan untuk anda bisa menguasai masing-masing suara tersebut bahkan bisa menyatukan 3 jenis suara tersebut. Saran saya nantinya anda dianjurkan untuk lebih sering memakai jenis suara wajah dan suara kepala anda saja.

Adapun cara melatih suara anda akan di postingkan di artikel berikutnya. Sabar ya.

1 komentar:

Indonesiaku mengatakan...

ass..
Sya akui suara sya mmg g' bgus,,, kta org sich besar tapi cempreng gtu.. Tah apa nmanya,,..
Tapi sya hobby nnyi,,, pingin bisa nnyi klasik/seriosa gtu yg hrus pke head voice,,, pa bisa suara manusia di latih agar lebih bagus dri sebelumnya,,, ?? Tolong kasih thu lebih ttg head voice n vibrasi... Mksh..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates